RSS

Lhoksukon Matangkuli he Banjir

29 Des

Sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Utara dan Pemko Lhokseumawe dilanda banjir sejak Sabtu (26/12) malam akibat jebolnya tanggul Krueng Pase di tiga titik. Sementara Krueng Keureutoe Lhoksukon dan Krueng Buloh Kecamatan Simpang Kramat juga meluap.

Di Kabupaten Aceh Utara, warga 40 desa di pedalaman telah mengungsi ke meunasah dan rumah panggung karena ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa. “Dinas Sosial setempat telah memberikan bantuan ke desa-desa yang ada pengungsi dibantu tim SAR Aceh Utara, Tagana dan RAPI,” ujar Sekretaris Satkorlak Aceh Utara, Drs Usman Ishak kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, ke 40 desa yang warganya telah mengungsi yakni 11 desa di Kecamatan Matangkuli, 6 desa di Kecamatan Tanah Luas, 12 desa di Kecamatan Simpang Kramat dan 11 desa di Kecamatan Kuta Makmur. Meskipun banjir melanda beberapa kecamatan, sejuah ini tidak ada korban jiwa, ujar Usman Ishak. Sementara di Pemko Lhokseumawe, banjir melanda Kecamatan Blang Mangat dan Muara Dua. Tidak ada warga yang mengungsi.

Pantuan Analisa, Minggu (27/12), di Kabupaten Aceh Utara banjir melanda Kecamatan Samudera Geudong, Tanah Luas, Nibong, Matangkuli, Pirak Timu, Simpang Kramat, Mulia, Syamtalira Bayu dan Kecamatan Kuta Makmur.

Di Kecamatan Blang Mangat banjir meneggelamkan sekitar 50 hektar tanaman padi yang sedang berbuah yakni di Desa Blang, Asan Kareung , Mane Kareung, Kumbang. Menurut Azhari, tokoh masyarakat Desa Blang, air mulai memasuki pemukiman penduduk Minggu dinihari. Banjir ini merupakan banjir kiriman dari Krueng Buloh dan Krueng Pase yang terjadi setiap tahun, ujar Azhari.

Sementara di Kecamatan Matangkuli, Jalan Line Pipa Exxon Mobil di Desa Rayeuk Kuta, Kecamatan Tanah Luas dan Desa Parang Sikureung, Kecamatan Matangkuli terendam banjir sepanjang 1 km. Puluhan rumah penduduk di dua desa tersebut ikut terendam banjir. Di Kecamatan Matangkuli desa-desa yang terendam banjir sejak Minggu (27/12), yakni Desa Parang Sikureung, Desa Meuria, Baro, Blang, Mei, Desa Kedai Matangkuli.

Tanggul Pecah

Sementara itu Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Aceh Utara, Ir Mawardi yang ditanya Analisa, Minggu (27/12) menjelaskan, banjir yang melanda beberapa kecamatan di Aceh Utara dan Lhokseumawe akibat meluapnya Krueng Keureutoe Lhoksukon di Kecamatan Matangkuli dan Krueng Buloh Kecamatan Simpang Kramat.

Banjir semakin meluas akibat pecahnya tanggul Krueng Pase di Kecamatan Samudera Geudong Aceh Utara dengan lokasi patah tanggul di Desa Tanjong Baroh, Tanjong Reungkam, dan Tanjong Me.

Dikatakan, Krueng Buloh juga meluap akibat hujan dua hari terakhir yang melanda Aceh Utara dan Lhokseumawe, akibatnya Kecamatan Simpang Kramat dilanda banjir besar dan berimbas ke Kecamatan Blang Mangat Pemko Lhokseumawe.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 29, 2009 in Bencana Alam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: